Thursday 1 February 2018

Tugas Praktikum TIK 8D

   
            Kecanduan gawai (gadget) artinya anak menghabiskan sangat banyak waktu dengan gawai. Waktu mereka dengan gawai melebihi waktu interaksi dengan manusia nyata. Anak selalu memegang gawai dalam setiap kesempatan, termasuk pada saat makan atau di tempat tidur. Mereka abai terhadap banyak hal, seperti interaksi dengan orang lain, pelajaran, dan tugas-tugas di rumah. Anak jadi susah dikontrol, tidak lagi mendengarkan orang lain, termasuk orang tua sehingga hubungan dengan anak pun terputus. Prestasi belajar mereka akan rusak. Boleh jadi fisik mereka pun akan rusak, terutama mata.

            Bagaimana mencegahnya ? Pertama, orang tua perlu membebaskan diri dari kecanduan gawai. Anak yang kecanduan gawai biasannya tumbuh dari orang tua yang juga kecanduan gawai. Anak tidak hanya meniru orang tua, tetapi menemukan pelarian saat diabaikan oleh oarang tua yang kecanduan. Jika orang tuanya sendiri mengalami kecanduan, segeralah lakukan pengobatan untuk diri Anda sendiri terlebih dahulu. Hal terpenting yang dapat dilakukan orang tua untuk mengatasi anak yang kecanduan gawai adalah menyediakan waktu sebanyak mungkin untuk berinteraksi dan memberi perhatian kepada anak.

            Kedua,mengajak anak melakukan aktivitas bersama, misalnya bermain, memasak, olahraga, bercerita, atau sekedar bercanda. Banyak orang tua yang mengeluh karena sulit menyuruh anak berhenti dari keasyikannya dengan gawai. Mengapa ? karena hanya disuruh, tidak dialihkan pada hal lain yang lebih positif dan sering dilakukannya bersama orang tua. Mengajak akan lebih efektif daripada menyuruh. Kalau anak-anak terlalu asyik nonton TV atau main gawai, cobalah ajak mereka melakukan hal lain, seperti main sepeda atau membuat makanan. Pasti akan lebih mudah. 

alvayansen01@gmail.com

http://alvayansen01.blogspot.com      

No comments:

Post a Comment