Friday 26 January 2018

18 Penyakit Tulang


1.        Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi tulang lemah dan keropos sehingga tulang tidak berfungsi secara normal. Osteoporosis terjadi karena kepadatan tulang menurun, terutama pada lansia. Osteoporosis terjadi karena terserangnya tulang trabecular / tulang berongga bagian dalam sehinga kekuatan tulang akan berkurang seara drastis. Wanita lebih beresiko terkena penyakit ini.

Ø Penyebab : merokok, berat badan tidak normal, kurang Vit.D, lansia yang berumur 50 tahun 20% beresiko osteoporosis moderat

2.        Rakitis

Rakitis adalah pelunakan tulang pada anak-anak karena tidak menkonsumsi sayur, bayi lahir prematur, cacat genetik, kurang mengkonsumsi ASI. Tulang menjadi bentuk huruf  “X”  atau “O” dan beresiko mengalami patah tulang.

Ø Gejala : rasa sakit, kesemutan, kedutan, kram otot, pertumbuhan lamban pada gigi, dan kerusakan pada gigi.

Ø Pengobatan : mengkonsumsi makanan tinggi kalsium dan Vit.D, dan berjemur dibawah sinar matahari  paling sedikit 10 menit.

3.        Bunion

Bunion adalah penyakit kelainan bentuk pada jempol kaki. Kelainan ini menyebabkan jempol kaki terdorong ke depan / ke samping ke arah jari kaki lain. Banyak orna gmenganggap bunion terjadi karena faktor keturunan, tapi menurut beberapa ahli mengatakan karena penggunaan sepatu yang terlalu sempit dan menyebabkan tekanan yang terlalu tinggi pada jempol kaki.

Ø Gejala : kelainan bentuk pada kaki (tidak hanya jempol), rasa sakit, dan nyeri.

Ø Pengobatan : membalut kaki agar dalam bentuk normal dan juga menggunakan bantalan pada jari kaki.

4.        Gout

Gout adalah kelainan metabolisme yang dalam perkembangannya bermanisfestasi terhadap peningkatan konsentrasi asam dalam serum. Pria dengan berat badan diatas rata-rata lebih beresiko terkena Gout. Gout dibagi 2 : primer > faktor genetik , sekunder > komplikasi penyakit lain.

Ø Gejala : sulit bergerak, bengkak, kemerahan.

Ø Pengobatan : obat yang diberikan dokter.

5.        Lupus / Systemic Lupus Erythematosus (SLE)

Lupus adalah penyakit yang menyebabkan adanya bercak-bercak merah pada wajah, dan lengan, rasa lelah berkepanjangan, dan rambut rontok. Lupus termasuk penyakit autoimun dimana sistem imun justru menyerang sel sehat yang ada dalam tubuh dan akhirnya mengalami peradangan,peradangan terjadi pada sendi, kulit, ginjal, paru-paru, dan jantung.

Ø Penyebab :  lemahnya sistem kekebalan tubuh, paparan matahari pada sebagian orang menimbulkan lesi pada kulit, obat-obatan pada kulit.

Ø Gejala : ruam seperti sayap kupu-kupu yang mengenai pipi dan hidung (ciri khas lupus).

Ø Pengobatan : tergantung dengan gejala yang terjadi, biasanya obat anti malaria, kortikosteroid, dan penekanan kekebaan tubuh.

6.        Sarcoidosis

Sarcoidosis adalah munculnya granuloma yang terbesar di kelenjar getah bening, paru-paru, hati, dan mata. Penyebab belum dipastikan, tapi menurut para ahli karena infeksi, zat kimia, dan faktor debu,yang akan mengganggu organ tersebut.

Ø Gejala : demam, pembekakankelenjar getah bening, dan penurunan berat badan.

Ø Pengobatan : obat kortisteroid, pemberian hydroxychloroquine, dan obat penghambat TNF- alpha

7.        Paget Tulang

Paget tulang adalah penyakit lain musculoskeletal umum yang mungkin melibatkan pendengaran.  Pada sebagian kasus paget tulang satu /dua tulang terlihat lebih panjang dari normal.

Ø Penyebab :  faktor keturunan, dan pada sebagian orang terinfeksi oleh virus.

Ø Gejala : nyeri, pembesaran tulang pada scan radiologi, pembesaran tulang pada scan radiologi, patah tulang, rusaknya tulang rawan di sendi.

8.        Osteochondritis Dessecans

Osteochondritis dissecans adalah kondisi tulang rawan dan tulang memisahkan dari tepi tulang panjang karena adanya gangguan pada suplai darah. Gangguan ini disebabkan karena sendi yang tidak stabil sebagai akibat dari pemisahan yang terkena fragmen tulang, hal ini paling sering muncul pada sendi lutut, siku, panggul, dan pergelangan kaki. Osteochondritis dissecans dapat beresiko lebih besar, baik pria ataupun wanita yang melakukan aktivitas olahraga berat.

Ø Gejala : lemah otot, nyeri yang parah saat sendi digerakkan.

Ø  Pengobatan : pengangkatan bagian, dan mengkonsumsi obat-obat tradisional untuk menghilangkan rasa sakit.

9.        Chondroblastoma

Chondroblastoma adalah tumor jinak yang biasanya melibatkan ujung terminal tulang panjang. Hal ini umumnya terjadi pada usia muda dibawah 25 tahun.

Ø Gejala : badan lemas, otot lemah, dan kaku pada sendi.

10.   Tumor Tulang Sekunder

Tumor tulang sekunder adalah metastasis / perkembangan dari tumor primer, kanker paru-paru, dan kanker payudara.

Ø Gejala  : tergantung pada tingkat keparahan.

Ø Pengobatan : radioterapi dan kemoterapi.

11.   Osteogenesis Impefecta

Osteogenesis impefecta adalah gangguan tulang dengan genetik dan merupakan penyakit keturunan. Gangguam ini ditandai dengaan fraktur tulang yang sebagian besar patologis dan tingkat keparahan bervariasi pada setiap orang. Untuk menemukan ada tidaknya penyakit ini dalam tubuh, dilakukan berbagai hal seperti pemeriksaan medis, fisik, dan membaca riwayat keluarga pasien. Pasien juga diimbau menggunakan kursi roda.

Ø Pengobatan : biasanya terapi farmokologi

12.   Osteomalacia

Osteomalacia adalah penyakit yang disebabkan kurang Vit. D, penyakit ini menimpa semua umur. Kondisi seperti ini terjadi karena ada kondisi sebelumnya (penyakit, operasi tertentu, dan obat-obatan).

Ø Gejala : lemah otot, otot rendah, dan nyeri tulang parah.

Ø Pengobatan : pasien harus mengkonsumsi kalsium dan Vit. D

13.   Fibrous Dylapisa

Fibrous dylapisa adalah gangguan pertumbuhan yang terjadi pada jaringan fibrosa. Fibrous Dylapisa dapat menyebabkan tulang menjadi rusak dan mudah patah. Penyakit ini muncul sejak remaja pada penderita, penyakit ini menyerang bayi bahkan dalam bentuk janin dan tulang manapun tapi sering tulang pinggul, tengkorak, wajah, dan lengan atas.

Ø Gejala : sulit jalan, kelainan bentuk pada tulang, dan patah tulang.

Ø Pengobatan : mengkonsumsi obst-obatan dan operasi.

14.   Kanker Tulang

Kanker tulang adalah jenis kanker yang menyerang tulang. Kanker tulang dibagi 2 : primer>dalam tulang, sekunder>anggota tubuh lain. Kanker tulang menyerang tubuh manapun, tapi paling sering  di tulang kaki dan lengan. kanker tulang bisa menyebabkan tulang patah walau cidera kecil saja, penyakit paget tulang juga bisa menimbulakan penyakit ini.

Ø Gejala : sering nyeri dan pembengkakan di bagian tulang dekat persendian.

Ø Pengobatan : operasi bila kanker belum menyebar atau amputasi.

15.   Kifosis

Kifosis adalah kelainan tulang belakang yang melengkung (bungkuk).

Ø Penyebab : osteoporosis, disk generasi, cacat lahir, kelemahan otot di punggung atas, dan posisi duduk yang salah.

Ø Gejala : rasa sakit.

Ø  Pengobatan : tergantung tingkat keparahan, suplemen Vit. D, dan bila perlu operasi pengangkatan tumor.

       16.   Skoliosis

Skoliosis adalah kelainan tulang belakang ke kiri dan ke kanan (S). Biasanya terjadi karena kurang kalsium, olahraga, pola makan kurang sehat.

       17.   Lordosis

Lordosis adalah kelainan tulang belakang yang melengkung ke depan (membusung).

Ø Gejala : sakit pada punggung, kaki, perubahan dalam usus, dan kantung kemih.

      18.   Ricket

Ricket adalah penyakit yang disebabkan oleh penumpukan kalsium di tulang atau akibat radiasi matahari. Penyakit ini sering terjadi pada anak-anak pada masa pertumbuhan, terutama saat anak-anak bermain diterik matahari.  

alvayansen01@gmail.com

http://alvayansen01.blogspot.com

No comments:

Post a Comment